Sekolah Menengah Pertama Negeri 19 Depok

Alamat

Sekretariat : Jalan Leli Raya No.4 Kel.Depok Jaya, Kec.Pancoran Mas, Kota Depok 16432, Indonesia.

10.18.2014

TRIPARTIT SMPN 19 DEPOK


KEMITRAAN PENDIDIK
DAN TENAGA KEPENDIDIKAN (PTK)
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)
DENGAN KOMITE SEKOLAH
TAHUN 2014




Pengembangan dan pelaksanaan program kemitraan pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) telah diupayakan secara berkelanjutan oleh Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Implementasi program kemitraan itu dinilai efektif dan efisien untuk mendorong peningkatan kinerja PTK di tanah air. Dalam praktik, program kemitraan pembinaan PTK pendidikan dasar (dikdas), termasuk PTK sekolah menengah pertama (SMP), dapat dilakukan melalui berbagai cara dengan mitra yang bervariasi, salah satu di antaranya dengan komite sekolah. Oleh karena itu, program tersebut perlu diupayakan secara optimum sesuai dengan kebutuhan PTK SMP yang terus berkembang.


Pengalaman di negara-negara maju menunjukkan bahwa kemitraan PTK SMP dengan komite sekolah telah mendorong peningkatan kinerja PTK pada tataran satuan pendidikan. Hal itu berdampak positif terhadap peningkatan mutu pendidikan. Negara-negara dimaksud antara lain Kanada, Jepang, Inggris, Australia, Amerika Serikat, dan Finlandia. 

Khusus di negara Finladia, Pemerintah melalui Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar (P2TK Dikdas), Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar (Ditjen Dikdas), Kemdikbud telah mengirim sejumlah guru, kepala sekolah, dan pengawas SMP berprestasi untuk melakukan workshop kemitraan pada tahun 2012, 2013, dan 2014. Workshop kemitraan di negara tersebut dinilai sangat positif untuk memajukan peningkatan mutu pembelajaran di tingkat pendidikan SMP melalui model tripartit.



Sehubungan dengan itu, Direktorat P2TK Dikdas, Ditjen Dikdas, Kemdikbud, memberikan blockgrant kemitraan PTK SMP dengan komite sekolah. Agar implementasi program tersebut berlangsung efektif, efisien, dinamis, dan akuntabel, serta memberikan outputs dan outcomes yang bermakna dalam peningkatan mutu pembelajaran, maka Direktorat P2TK Dikdas, Ditjen Dikdas, Kemdikbud perlu menyiapkan Pedoman Kemitraan PTK SMP dengan Komite Sekolah dimaksud. 

Kepada berbagai pihak yang telah berpartisipasi aktif dalam penyusunan pedoman kemitraan ini, kami mengucapkan terima kasih. Semoga kegiatan ini berdampak positif terhadap peningkatan mutu kemitraan PTK SMP dengan komite sekolah pada masa yang akan datang. 

Sumber : Direktur P2TK Dikdas, Sumarna Surapranata, Ph.D.